5 Jenis Makanan Penyebab Muncul Jerawat

12.08

5 Jenis Makanan Penyebab Muncul Jerawat

Kemunculan jerawat emang paling tidak diinginkan. Siapa yang ingin wajahnya terdapat jerawat dan membandel? Pasti semua orang jawabannya tidak mau dong! Karena akan membuat penampilan dan tidak jarang bikin rasa percaya diri kamu pun jadi takut berkurang. Kemunculan jerawat memang disebabkan oleh beberapa faktor seperti dalam memilih kosmetik dan malas membersihkan wajah.

Adapun penyebab lain yang dapat munculnya jerawat yaitu makanan. Yup! makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab muncul jerawat. Makanan apa sajakah itu? Cari tahu yuk jenis makananya dibawah ini.

1. Makanan Berminyak
Meski banyak penelitian yang menyimpulkan kalau minyak tidak menyebabkan jerawat, tapi beberapa percaya kalau korelasinya ada. Penggunaan minyak kualitas rendah dan makanan yang diproses berlebih bisa meningkatkan produksi insulin dan menyebabkan jerawat.

2. Makanan Mengandung Gula
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis atau mengandung gula bisa bikin jerawat gampang muncul. Kebanyakan konsumsi gula bisa meningkatkan produksi insulin, sehingga produksi sebum juga makin menumpuk dan menyumbat pori-pori. Kalau mau makan yang manis-manis ada baiknya konsumsi buah segar seperti blewah yang juga kaya akan beta karoten.

3. Makanan Instan
Makanan yang tinggi indek glisemiknya, terlalu asin atau yang mengandung glutein bisa mempengaruhi gula darah dan kadar hormon. Seperti gula, makanan instan/olahan kalau dikonsumsi berlebihan bisa membuat produksi insulin berlebih dan jerawat jadi gampang muncul. Sebagai gantinya, konsumsi lebih banyak produk segar dan organik.

4. Kacang-kacangan
Salah satunya kacang kedelai, memang baik untuk tubuh karena memiliki kandungan isoflavon yang bermanfaat untuk mengurangi potensi penyakit kanker. Namun, ternyata kedelai juga memiliki kandungan estrogen alami di dalamnya. Yang memicu timbulnya jerawat ialah kandungan Phytoestrogens dalam kedelai yang meniru peningkatan estrogen alami yang berpengaruh terhadap lonjakan hormon di dalam tubuh.

5. Kafein
Kafein ternyata juga bisa jadi pemicu munculnya jerawat. Ini karena kandungannya bisa mengganggu keseimbangan hormon dan membuat tubuh stres. Jadi, sebaiknya konsumsi jangan terlalu berlebihan juga ya.

Nah itulah 5 jenis makanan yang tanpa anda sadari sering anda konsumsi dapat munculnya jerawat. Untuk itu, selain rajin menjaga kebersihan wajah, anda juga harus pintar memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi ya.

Sumber artikel blog.tokopedia.com dan vemale.com

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook