Mengatasi Kulit Gosong Akibat Sinar Matahari

06.00

Mengatasi Kulit Gosong Akibat Sinar Matahari
copyright health.detik.com

Sinar matahari adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk yang berada di bumi ini, terutama bagi manusia. Ketika bagun di pagi hari disaat cuaca yang cerah, anda menghirup udara yang segar dan menghangatkan tubuh anda dibawah terik sinar matahari yang membuat tubuh dan kulit anda terasa cerah di pagi hari. Karena matahari di pagi hari sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu, berjemur dibawah sinar matahari ternyata juga banyak mengandung manfaat bagi kesehatan kita.

Namun, tahukah anda bahwa sinar matahari ada juga yang berbahaya bagi kulit kita dan akan mengakibatkan gosong maupun terasa terbakar. Sinar UV yang merupakan radiasi dari sinar matahari terdiri dari tiga jenis, yaitu UVA, UVB dan UVC. Sebenarnya, sinar matahari dalam jumlah kecil dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D, namun jika terlalu banyak jumlah UV yang diserap kulit, dampak yang ditimbulkan sangat negatif. Terlalu lama terpapar sinar UV dapat mengakibatkan kulit menjadi gelap, timbul bintik-bintik merah, terbakar, terkelupas, keriput dan parahnya adalah kanker kulit.

Untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti efek buruk sinar UV, kita perlu melakukan hal-hal seperti dibawah ini.

1. Kompres
Kompres bagian yang terbakar dengan air dingin dengan tambahan es batu. Jika hampir seluruh badan terbakar, mandilah dengan air dingin untuk meredakan sensasi panas.

2. Oleskan Lotion
Setelah selesai mandi dengan air dingin, selanjutnya anda bisa mengoleskan lotion ke seluruh tubuh yang terkena sinar UV. Sebaiknya, pilihlah lotion yang mengandung vitamin C dan vitamin E berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka bakar.

Baca juga : Sunblock Whitening Vampire by Benny

3. Hidrasi
Terbakarnya kulit ternyata mengurangi jumlah cairan di kulit bahkan tubuh. Dehidrasi bisa terlihat dari rasa haus, mulut kering, sedikit buang air kecil, sakit kepala, pusing dan mengantuk. Oleh sebab itu, minumlah air sebanyak 8 gelas per hari, atau minum-minuman yang mangandung ion.

4. Hindari Sabun
Ketika anda ingin mandi setelah terkena teriknya sinar UV sebaiknya jangan menggunakan sabun terlebih dahulu. Apabila anda tetap ingin menggunakan sabun sebagai alat untuk membersihkan tubuh, pilihlah sabun yang ringan saja.

Baca juga : Sabun Cair/Gel by Forest Secret

Itulah 4 tips mengatasi kulit gosong akibat sinar matahari yang saya ketahui. Dan untuk anda yang mempunyai tips lain untuk mengatasi kulit gosong akibat sinar UV boleh menambahkanya pada kolom komentar. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Sumber artikel blog.tokopedia.com

You Might Also Like

5 komentar

  1. Tips No 1 bisa dicoba nampaknya :)

    BalasHapus
  2. Baru saya tau tak boleh mandi guna sabun setelah terkena teriknya sinar UV.
    Terima kasih tipsnya

    BalasHapus
  3. yang ke dua ada lotionnya, hahaha
    postingan yang menarik :)

    BalasHapus
  4. maaf kritikan sedikit, minum 8 gelas sehari itu untuk orang yang tidak melakukan kegiatan apapun tapi kalau melakukan seharusnya harus lebih 11/13 gelas perhari :)

    BalasHapus

Like us on Facebook