Salah Satu Tradisi Orang Sunda Menyambut Bulan Ramadhan #SabtuNgopi

06.00

Ramadhan Tiba.. Ngopi Dulu..


  Tidak terasa beberapa hari lagi kita sebagai seorang muslim akan di hadapkan dengan apa itu yang namanya bulan suci ramadhan. bulan ramadhan adalah bulan keseimbangan dalam penanggalan hijriah atau biasa di sebut sistem penanggalan agama islam. sepanjang bulan ramadhan kita sebagai seorang muslim sering melakukan aktivitas keagamaan seperti puasa dan sholat tarawaih karena bulan ramadhan ini adalah hari peringatan turunnya al-qur'an.

  Berbagai macam cara orang muslim untuk menyambut bulan suci ramadhan salah satunya dengan Tradisi Munggahan. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh orang Sunda, Sebenarnya Munggahan ini berasal dari kata Unggah dalam artian "pindah ke tempat lebih tinggi" maksud nya bukan pindah dari dataran rendah ke dataran tinggi, tapi pindah dari segala aktivitas yang kurang baik menjadi lebih baik. Munggahan ini biasanya identik dengan makan bersama teman atau keluarga. Namun biasanya untuk munggahan ini makan bersama nya tidak seperti biasa tapi di laksanakan di suatu tempat yang berkesan dan tidak jarang pula makan-makan nya di tempat Rekreasi seperti pantai atau tempat lainnya.
Sebenarnya munggahan identik juga dengan rekreasi sih karena banyak tempat wisata yang di penuhi pengunjung pada beberapa hari sebelum ramadhan, salah satunya saya ambil contoh yaitu pantai. Di hari menjelang datangnya bulan  puasa banyak orang yang mengunjungi pantai. Mengapa seperti itu ? karena pantai adalah salah satu tempat wisata yang nyaman untuk menggelar makan bersama dengan keluarga, teman, ataupun rekan kerja. Alasan mengapa pantai di jadikan tempat yang paling populer untuk munggahan adalah sebagai berikut

1.Pantai adalah cara yang mudah dan murah untuk melaksanakan makan bersama apalagi makan bersama beralaskan tikas di atas pasir.
2.Melangkahkan kaki di atas pasir dengan keluarga akan menjalin keharmonisan yang lebih
3.Makan bersama sambil melihat ombak air laut yang sangat indah membuat kesan tersendiri
4.Pantai bisa di pakai untuk menghilangkan kepenatan dengan cara berenang
5.Bisa merasakan ikan segar hasil tangkapan para nelayan di daerah pantai
6.Ngopi pinggir pantai membuat kita lebih relaks

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan tentang tradisi menyambut bulan suci ramadhan. Semoga kita di berikan kesehatan untuk menjalankan ibadah puasa pada bulan suci ramadhan karena dengan berpuasa kita akan mendapat banyak hikmah.
Saya sarankan anda sebelum bulan ramadhan datang hendaklah munggahan terlebih dahulu atau setidaknya Ngopi dulu. kan bulan ramadhan harus puasa jadi tidak boleh ngopi pada siang hari. hhe


You Might Also Like

4 komentar

  1. Namanya pantai pasti penuh kalau munggahan mah Ya Mas?
    apalagi kalau melihat banyaknya manfaat/ kegiatan yang bisa kita lakukan dipantai memang bisa memacu semangat kita untuk menyambut bulan suci yang penuh berkah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya dongg :) memang banyak sekali kegiatan yang dapat di lakukan di pantai yang menjadikan kita semangat untuk menyambut bulan suci ramadhan terutama tradisi munggahan kali ini kang :)

      Hapus
  2. Di daerah saya jg ada tradisi munggahan mas, krena lingkungan saya sebagian jg jawa.
    tpi klo di daerah kota krena kuat suku melayu - mereka tradisi mandi balimau..
    tradisi msing" daerah memang berbedda" yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang tiap daerah berbeda-beda mba tapi tujuannya tetap sama yaitu menyambut bulan suci :) kalau tradisi mandi belimau gmna mba saya kurang tahu ?

      Hapus

Like us on Facebook